YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

Minggu, 07 September 2014

TEAM BUILDING

MEMBANGUN BUDAYA KERJA BARU DAN KERJASAMA DALAM ORGANISASI


Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu modal dasar suatu organisasi yang sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi. Sehingga keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kualitas SDM tersebut. Kegagalan suatu organisasi dalam pencapaian tujuan organisasi bukan semata-mata hanya disebabkan oleh rendahnya ilmu pengetahuan atau kurangnya keterampilan SDM organisasi itu melainkan terutama disebabkan oleh kurang mampunya bekerja sama antar individu dalam organisasi.
budaya kerja yang terkotak-kotak dan hanya mau “mengibarkan benderanya sendiri-sendiri” bekerja bersifat rutinitas, tidak ada upaya inovasi dan mereka melupakan bahwa sesungguhnya kelompoknya adalah merupakan bagian dari kelompok besar (organisasi), budaya seperti ini sangat merugikan organisasi.

I. SEKILAS TEAM BUILDING

A. Pengertian Team Building

Team Building adalah suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang mendasarkan pada prinsip “experiental learning” (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, dialog dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam program OMT tersebut, peserta secara aktif dilibatkan dalam seluruh kegiataan yang dilakukan. Dengan langsung terlibat pada aktifitas (learning by doing) peserta akan segera mendapat umpan balik tentang dampak kegiatan yang dilakukan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan diri masing-masing anggota di masa mendatang.
 a.Tujuan
1. Meningkatkan kemampuan peserta untuk bekerja dalam tim (team work).
2. Meningkatkan motivasi dan keyakinan diri peserta akan kemampuan diri (personal development) serta mampu berpikir kreatif (trust).
3. Meningkatkan kebersamaan dan rasa saling percaya (trust).
4. Penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.
b.Metode
1. Permainan kelompok
2. Kerja kelompok
3. Ceramah (keterkaitan antara kegiatan simulasi dengan prinsip manajemen)
4. Refleksi

0 komentar:

Posting Komentar