YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

Senin, 29 September 2014

MOSQUE SERVICES



Masjid dalam bahasa arab masjidun dari kata dasar sajada yg artinya sujud. Arti harfiahnya adalah tempat sujud sedangkan maknanya, yaitu tempat dimana kita bersujud atau beribadah kepada Allah swt. Terkadang juga sering digunakan sebagai tempat majlis ta’lim dan sebagai pusat dakwah umat islam. Sayangnya sebagian masjid kurang terawat terutama dalam hal kebersihan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan umatnya agar memperhatikan hal itu sebagaimana pernyataan Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membangun masjid di pemukiman-pemukiman, membersihkannya, dan memberi wewangian.” HR. Ahmad, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi.

Dalam hadits tersebut kita dianjurkan membangun masjid dipemukiman yang mungkin belum ada masjid. Tapi, jika masjid sudah berdiri dimana-mana sudah semestinya tugas kita selanjutnya menjaga kebersihan masjid sebagai bentuk dari kepedulian kita terhadap rumah Allah.
Oleh karenanya, tim management Umar Usman membuat sebuah kegiatan ‘Mosque Services’, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan. Seperti pepatah arab mengatakan,”An-Nadzofatu minal iman (kebersihan sebagian dari iman)”. Dengan adanya kegiatan tersebut kita secara tidak langsung mengajak masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan khususnya lingkungan Masjid. Masing-masing kelompok yg terbagi dalam 6 tim bertugas di bagian masjid untuk dibersihkan. Mulai dari ruang utama masjid sampai ke tempat wudlu. Setiap mahasiswa sangat antusian dan semangat dalam mengerjakannya. Tanpa ada paksaan sedikitpun dengan ikhlas. Singkat saja dalam kurun waktu satu jam semua bagian masjid sudah terlihat bersih. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan menjadi budaya dalam masyarakat.

Meski terkadang tanpa sadar kita lebih sopan ketika memasuki ruangan pertemuan, kantor, sedangkan untuk urusan ibadah di masjid kita malah acuh tak acuh. Padahal masjid sebagai rumah Allah. Sudah sepantasnya kita bisa memuliakan masjid lebih dari tempat lainnya. Dalam ayat Al-Qur’an disebutkan;
Allah berfirman:
 إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ  (سورة التوبة:18)
“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS At-Taubah: 18)


Semoga dengan adanya kegiatan ‘Mosque Services’ ini, kita bisa menjadi hamba yg senantiasa memakmurkan masjid. Sederhananya jika masjid sebagai rumah Allah kita muliakan, in sya Allah Dia akan memuliakan hambanya sesuai aturan hukum sebab-akibat.

0 komentar:

Posting Komentar