YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

Senin, 29 September 2014

SEMAI KARAKTER



Kekuasaan manusia tidak ada yang abadi.seperti hal nya di negara kita tidak ada yang berkuasa selama- lamanya.Dari mulai Belanda ,jepang,RI 1,RI 2,RI 3 dan seterusnya ,semuanya silih berganti berkuasa ,bahkan banyak yang sudah mati.kini tinggal bangunan-bangunan nya saja yang masih ada seperti di kota tua jakarta.Tentu lah rugi jika cita-cita kita hanya sampai di dunia saja,karena dunia ini sangatlah singkat.itulah sebagian Hikmah yang bisa kami ambil dari perjalanan kami  kota tua jakarta.

Adapun tujuan kami ke kota tua jakarta adalah untuk mengikuti training character building bersama Mr.Zaim dan Mr.Kartiko beserta Team Management Kampus Umar Usman.Alhamdulillah banyak ilmu yang kami dapat disana.

Mr. Zaim memaparkan bagaimana kita bisa memahami tentang karakter dasar dari seorang manusia.menurut Mr.Zaim karakter manusia itu dibagi menjadi empat kelompok yaitu:

1.Biru(si baik-baik)
Karakter ini adalah yang paling dominan menggunakan hati.sipat-sipatnya diantaranya: tulus,open minded,mudah terpengaruh.

2.Hijau (si pikir)
Karakter ini yang paling dominan adalah menggunakan akal (otak).sipat-sipatnya diantaranya:tertib,hati-hati,peragu.

3.Kuning (si teguh)
Karakter ini yang paling dominan adalah menggunakan tangan (action).sipat-sipatnya diantaranya:fokus tujuan,gigih,kurang empati.

4.Merah (si meriah)
Karakter ini yang paling dominan adalah maenggunakan telinga dan mulut (komunikasi).sipat-sipatnya diantaranya:antusias,kreatif,perlu atensi.
Jadi menurut Mr.Zaim kesuksesan itu memiliki 4 indera yaitu hati,akal,tangan dan komunikasi.sedangkan sukses itu memiliki 3 kriteria yaitu Bertambah,Berlimpah dan Berkah atau disingkat dengan 3 B.

Mr.Zaim juga memberikan tips 4 langkah meraih sukses :
=>yang pertama dengan hati untuk menjemput ilham .dengan selalu mendekatkan diri kepada Alloh swt.
=>yang kedua dengan akal.untuk membuat planning (perencanaan yang matang).
=>yang ketiga dengan tangan (action).ikhtiar sekuat tenaga.
=>yang ke empat dengan kreatifitas untuk bersinergi (bekerja sama).

Berikut 5 karakter sukses:

1.keyakinan->integritas->berdo’a.
2.kesadaran->visi->bercita-cita
3.Istiqomah->determinasi->bekerja keras.
4.tindakan->sinergi->bekerja sama.
5.hasil->transformasi->berhijrah.

Mr.Kartiko menjelaskan jika ingin sukses kit harus melakukan kaizen atau perubahan kecil yang kontinyu (terus menerus) atau bisa dikatakan berhijrah.dan ada dua hal yang akan sangat berpengaruh bagi perubahan karakter kita ke arah yang lebih baik dengan cepat  yaitu dengan mencoba untuk tidak marah dan mencoba untuk lebih sering mendekati alam,jauhi suara-suara mesin,tv,kendaraan dll.
Menurut Mr.Kartiko otak kita itu adalah hardware,sedangkan akal kita adalah software nya.Beliau juga menjelaskan rahasia mindset  sukses berinovasi yaitu dengan knowlidge (pengetahuan),skill (keterampilan) dan attiitude (sikap).mindset itu seperti kipas tangan akan bekerja dengan baik setelah terbuka.seorang paengusaha itu mampu menjadikan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa.ada 4 cara untuk memiliki mindset pengusaha :

1.yakinkan diri fleksibel.
2.seimbangkan pikiran.
3.fokuskan pikiran.
4.buang hambatan pikiran.

Untuk meraih kesuksesan kita harus fokus,karena energi akan mengalir ketika pikiran fokus.ada 4 tips agar kita bisa fokus :
=>lupakan yang lain (sementara)
=>afirmasi (self talk)
=>visualkan (gambarkan di pikiran)
=>enjoy (nikmati proses nya).

Demikian semoga bermanfaat .

0 komentar:

Posting Komentar