YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

YOUR PARTNER TO BE ENTREPRENEUR

Sabtu, 06 September 2014

WELCOMING IN DOMPET DHUAFA FAMILY

BY : AHAMD JUWAINI


Berawal dari sebuah kebetulan dan kepedulian terhadap kemiskinan kaum dhuafa. Beberapa jurnalis di media Koran REPUBLIKA salah satunya Bapak Parni Hadi tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu demi mengatasi persoalan kemiskinan tersebut dengan membentuk suatu gerakan kepedulian.  Melalui rahim Koran REPUBLIKA ini, pada bulan April 1993 DOMPET DHUAFA didirikan. Pada 10 Oktober 2001, DOMPET DHUAFA Republika dikukuhkan untuk pertama kalinya oleh pemerintah sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat) oleh Departemen Agama RI.
DOMPET DHUAFA merupakan lembaga yang independen, tidak terikat dengan suatu organisasi, perusahaan ataupun partai. Dompet dhuafa didirikan oleh masyarakat dan menjadi rumah bagi umat. Siapapun bisa menjadi bagian dari rumah umat ini, selama berjuang untuk kepentingan umat dan kaum duafa kita adalah keluarga.
Sumber dana yang dihimpun oleh DOMPET DHUAFA bersumber dari dana zakat, sedekah, dan wakaf umat muslim. Selain itu sumber dana pun banyak yang berasal dari umat non muslim juga. Sehingga seiring berjalannya waktu, DOMPET DHUAFA juga melayani/membantu kaum duafa dari kalangan non muslim.
Bertahun-tahun DOMPET DHUAFA menjadi lembaga zakat nasional terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, lembaga yang telah menginjak umur 21 tahun ini, di bawah pimpinan AHMAD JUWAINI memiliki target menjadi lembaga amil zakat terbaik ke 3 di dunia. Visi DOMPET DHUAFA sendiri yaitu terwujudnya masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan yang berbasis pada sistem yang berkeadilan. Berikut program-program yang dijalankan oleh DOMPET DHUAFA:
1.      PENDIDIKAN.
DOMPET DHUAFA memberikan beasiswa bagi anak-anak kaum duafa berprestasi, memberikan pendidikan bagi mereka yang mau mengajar ke pelosok Indonesia. Profil para pengajar telah sering diliput oleh stasiun tv NET melalui program LENTERA INDONESIA.
2.      KESEHATAN.
Memberikan LAYANAN KESEHATAN CUMA-CUMA di daerah ciputat dan membangun RS. SEHAT TERPADU.
3.      PERTANIAN/PETERNAKAN
Membangun PERTANIAN SEHAT INDONESIA dan PT. KAPOENG TERNAK NUSANTARA.

Selain program yang tersebut di atas, ada banyak program yang telah dijalankan oleh DOMPET DHUAFA hampir di segala aspek kehidupan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar