Pembicara : Miss Ly
KOMUNIKATOR YANG BAIK
Menjadi komunikator yang baik tidak harus cantik/ganteng tetapi wajib
menarik sehingga mampu meyakinkan lawan komunikasi anda, usahakan ketika anda
berkomunikasi, harus menggunakan Intonasi yaitu nada suara, tempo maupun power
suara anda, kurang dari 50% komunikator yang menggunakan intonasi suara dapat
meyakinkan lawan bicara mereka baik komunikator berkomunikasi face to face
ataupun by phone dan hal yang terpenting dari komunikator adalah Fisiologi
yaitu bahasa tubuh dan ekspresi wajah, menurut survey 55% komunikator dengan
menggunakan fisiolagi dapat mempengaruhi atau meyakinkan lawan komunikasi
mereka, kenapa ? karena dengan mimik wajah atau tubuh, para komunikator secara
langsung meyakinkan lawan bicara mereka bahwa si komunikator tersebut pernah
menggunakan produk yang dia tawarkan.
-
Membangun Kesamaan (PACING)
Untuk membangun kesamaan dalam
komunikasi, kita terlebih dahulu menyamakan dengan lawan komunikasi, mulai dari
gerak tubuh, pakaian hingga latar belakang pendidikan. Tujuan PACING untuk
membangun kepercayaanlawan bicara.
-
Mengarahkan atau Memimpin lawan bicara (LEADING)
Sebelum leading, terlebih dahulu
pacing, proses leading adalah mengarahkan lawan bicara anda, jika proses
leading gagal, kembali ke pacing lagi
BASIC COURTESY
-
PERSIAPAN
Persiapkan dan kenakan pakaian yang
sesuai, pastikan kondisi badan dan mulaut segar
-
PERKENALAN
Mengucapankan salam dan sapaan yang
benar sambil berjabat tangan yang hangat
-
JAMUAN MAKAN
Persilahkan client untuk masuk
terlebih dahulu kemudian menawarkan makanan, usahakan menawarkan Menu spesial
di restoran tsb.
-
PERTEMUAN/RAPAT
Jangan mendominasi dan memotong
pembicaraan, posisi duduk juga membantu percakapan lebih nyaman
-
BERPAMITAN
Perhatikan kalibrasi lawan bicara anda
dan tinggalkan pesan dan kesan positif juga mengucapkan terimakasih yang tulus
-
PENGGUNAKAAN ALAT KOMUNIKASI
Telepon biasantya di gunakan informasui yang
bersifat penting usahakan berbicara dengan jelas tetap sopan santun, SMS/CHAT
sifatnya kurang urgent, hindari penggunaan singkatan yang terlalu banyak.EMAIL
bersifat kurang urgent namun butuh penjeasan yang panjang dan jangan lupa
gunakan penanda identitas
0 komentar:
Posting Komentar